Ilmu Farmasi

Adalah salah satu bidang professional kesehatan yang merupakan kombinasi Ilmu Kesehatan dan Ilmu Kimia. Mempunyai tanggungjawab yang besar untuk memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat baik secara tradisional ataupun modern.

Farmasi juga meliputi bidang penemuan, pengembangan, produksi, pengolahan, peracikan, dan distribusi obat. Dalam Ilmu Farmasi ada 4 bidang yang harus dipelajari, yaitu : Farmasi Klinik, Farmasi Industri, Farmasi Sains dan Farmasi Obat Tradisional.

Kemampuan yang harus dimiliki adalah familiar dengan fisika, kimia, biologi, dan matematika serta membutuhkan ketelitian, kecermatan, hafalan dan kemampuan untuk menganalisa suatu obat. Farmasi merupakan jurusan yang berkaitan dengan Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kimia tetapi lebih fokus terhadap pembuatan obat, pelayanan obat dan farmasetika.

Peluang kerja yang tersedia untuk jurusan Farmasi cukup banyak dan menjanjikan seperti di Rumah Sakit bagian Instalasi Farmasi, Klinik Kecantikan sebagai pembuatan kosmetik, Apotek, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *