Sidoarjo, Jawa Timur

index800px-Coat_of_Arms_of_Sidoarjo_Regency

 

Sidoarjo adalah kota kelahiran saya, yang terdapat di Provinsi Jawa Timur. Ibu kotanya adalah Sidoarjo, Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik. Sidoarjo merupakan salah satu penyangga utama oleh Kota Surabaya. Bupati dari Kota Sidoarjo ini adalah H. Saiful Ilah, S.H., M.Hum. dan Wakil Bupati nya adalah H. Nur Ahmad Syaifuddin, S.H. Kota ini berbahasa Jawa, Indonesia dan Madura.

Sidoarjo memiliki 18 Kecamatan dan 353 Kelurahan. Lambang kota ini terdiri dari 4 bagian yaitu :

  1. Sebuah segilima beraturan yang sisi-sisinya berbentuk kurung kurawal, artinya : menerapkan ajaran Pancasila dengan tertib dan pasti.
  2. Sebuah bintang bersudut lima, artinya : menggambarkan kehidupan ber-KeTuhanan yang Maha Esa.
  3. Setangkai padi delapan belas butir, dan sebatang tebu lima ruas berbentuk bulat, artinya : kebulatan tekad untuk membangun masyarakat yang adil dan makmur. 18 butir menunjukkan banyaknya kecamatan di Kota Sidoarjo.
  4. Ikan bandeng dan ikan udang membentuk huruf “S”, artinya : menunjukkan hasil tambak di daerah Kabupaten Sidoarjo dan juga huruf awal dari Sidoarjo.

Masyarakat dari Kabupaten Sidoarjo berbudaya hidup dengan lingkungan yang bersi, rapi, serasi, hijau, indah, sehat, dan nyaman. Adapun juga macam-macam makanan khas nya, yaitu :

 

lontong

  1. Lontong Kupang

Makanan ini sangat terkenal di Sidoarjo, yang berisi kupang, irisan lontong dan lento. Semua komposisi bahan di siram dengan kuah dari kupang dengan bumbu petis dan bawang putih. Lebih baik di sajikan pada saat masih panas, dan di tambahkan cabai rawit yang di haluskan

.udang

  1.  Krupuk Udang

Makanan khas Kota Sidoarjo yang terkenal akan kelezatannya. Memiliki cita rasa yang enak, gurih, rasa udang/ikan, dan kaya akan gizi. Bisa di sajikan di makanan seperti gado-gado, rujak cingur, dan bisa juga di makan untuk camilan.

bandeng

3.       Bandeng Asap

Makanan yang selalu ada di setiap toko oleh-oleh di Sidoarjo, yang di matangkan dengan proses pengasapan. Bandeng asap ini akan dijual di dalam box khusus dengan saus pendamping agar siap untuk di santap. Produk Sidoarjo ini tak boleh dilewatkan saat datang ke Kota Delta ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *